Terapi diet pasien ileus obstruksi

Apabila usus tersumbat secara lengkap, maka strangulasi yang terjadi memerlukan tindakan pembedahan, sebelum pembedahan, terapi intra vena diperlukan untuk mengganti kehilangan cairan dan elektrolit natrium, klorida dan kalium. Etiologi Adapun penyebab dari obstruksi usus dibagi menjadi dua bagian menurut jenis obstruksi usus, yaitu: Modifikasi diet dengan tepat.

Adhesi bisa disebabkan oleh riwayat operasi intraabdominal sebelumnya atau proses inflamasi intraabdominal. Hindari faktor-faktor yang membuat pencernaan terganggu, seperti makan terlalu banyak, terutama makanan berat dan berminyak, makan terlalu cepat, atau makan sesaat sebelum olahraga.

Ketidakseimbangan elektrolit, khususnya natrium 8. Karbohirat diserap dalam bentuk monosakarida didalam usus halus.

Saran Agar lebih menjaga dan meningkatkan kesehatan. Pada bagian kanan duodenum terdapat selaput lendir yang nambulir disebut papila vateri. Muntah-muntah dapat terjadi akibat regurgitasi dari lambung yang penuh.

Terletak dibawah kolon sigmoid yang menghubungkan intestinum mayor dengan anus. Bila ada perdarahan yang tersembunyi, biasanya gejala yang muncul anemia, hal ini sering terjadi pada tumor yang letaknya pada usus besar sebelah kanan.

Lutena sebagai herbal untuk Membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam super lutein S.

Salah satu bagian dari usus menyusup kedalam bagian lain yang ada dibawahnya akibat penyempitan lumen usus. Arteri gas darah dapat mengindikasikan asidosis atau alkalosis metabolic. Anjurkan klien untuk minum banyak Rasional: Contohnya amiloidosis, distropi otot, gangguan endokrin seperti diabetes mellitus, atau gangguan neurologis seperti penyakit parkinson Beberapa pengertian obstruksi usus dan ileus obstruksi menurut para ahli, yaitu: Sedangkan pada obstruksi total bagian distal pylorus tidak terlihat bayangan udara atau bayangan intestinal.

Suhu tubuh biasanya normal tetapi kadang-kadang dapat meningkat. Ileus obstruktif ini dapat akut seperti pada hernia stragulata atau kronis akibat karsinoma yang melingkari. Kriteria hasil: Apa yang menyebabkan timbulnya keluhan.

Konsep Penyakit 1. Harga diri. Adapun diagnosa keperawatan yang sering muncul pada klien dengan obstruksi usus adalah sebagai berikut Doenges, M. Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam diharapkan kecemasan tidak terjadi Kriteria hasil: Bila hal ini tidak ditangani dapat menyebabkan syok hipovolemik.

Sebahagaian dasar dari obstruksi justru mengenai usus halus. Omentum minus merupakan lipatan peritoneum yang terbentuk dari kurvatura lambung dan bagian atas duodenum menuju ke hati, membentuk ligamentum suspensorium hepatogastrika dan ligamentum hepatoduodenale.

Terapi Untuk Ileus Obstruktif

Manifestasi klinik a. Muntah akan timbul kemudian, waktunya bervariasi tergantung letak sumbatan. Konsep Dasar Keperawatan 1. Akibat sumbatan ini, sisa makanan dan udara akan menumpuk di bagian proximal dari sumbatan. Observasi TTV: Kolon sigmoid. Kaji dan catat frekuensi, warna dan konsistensi feces Rasional:Terapi ileus obstruksi biasanya melibatkan intervensi bedah.

Penentuan waktu kritis serta tergantung atas jenis dan lama proses ileus obstruktif.

Operasi dilakukan secepat yang layak dilakukan dengan memperhatikan keadaan keseluruhan pasien. Pasien yang mengalami ileus obstruksi mengalami dehidrasi dan gangguan keseimbangan ektrolit sehingga perlu diberikan cairan intravena seperti ringer laktat.

Respon terhadap terapi dapat dilihat dengan memonitor tanda - tanda vital dan jumlah urin yang keluar. Selain pemberian cairan intravena, diperlukan juga pemasangan nasogastric tube (NGT).

NGT digunakan untuk mengosongkan Author: Erghy. Pasien yang mengalami ileus obstruksi mengalami dehidrasi dan gangguan keseimbangan ektrolit sehingga perlu diberikan cairan intravena seperti ringer laktat. Respon terhadap terapi dapat dilihat dengan memonitor tanda - tanda vital dan jumlah urin yang keluar.

Selain pemberian cairan intravena, diperlukan juga pemasangan nasogastric tube (NGT). NGT digunakan untuk mengosongkan lambung.

ILEUS OBSTRUKTIF

Ileus paralitik adalah obstruksi yang terjadi karena suplai saraf otonom mengalami paralysis dan peristaltic usus terhenti sehingga tidak mampu mendorong isi sepanjang usus. Contoh nya amiloidosis, distropi otot, gangguan endokrin seperti diabetes melitus atau. · Kurangnya pengetahuan tentang proses penyakit, diet, dan perawatan pasien ileus paralitik berhubungan dengan kurangnya informasi.

7. Kecemasan ringan – sedang berhubungan dengan kondisi pasien yang memburuk dan perdarahan yang dialami pasien. Terapi ileus obstruksi biasnya melibatkan intervensi bedah.

Penentuan waktu kritis serta tergantung atas jenis dan lama proses ileus obstruktif. Operasi dilakukan secepat yang layak dilakukan dengan memperhatikan keadaan keseluruhan pasien.

Terapi diet pasien ileus obstruksi
Rated 3/5 based on 10 review