Hubungan pola diet dengan karies pada anak

Susu terutama susu coklat yang diminum sebelum tidur tanpa membersihkan mulut atau menyikat gigi juga mempengaruhi terjadinya karies gigi. Employing chi square test by using a dependent variable of caries in children and independent variables such as: M Kidd terdapat empat faktor utama yang berperan dalam proses terjadinya karies gigi yaitu: Kep Pembimbing II Dra.

Teeth and mouth diseases have been founded in many communities. Jika kita bandingkan dengan penelitian ini maka tidak terjadi kesamaan pendapat karena pada penelitian yang dilakukan oleh anak-anak pada 3 TK ini tidak mempunyai hubungan yang signifikan, sedangkan pada penghasilan orangtua anak, menurut penelitian sebelumnya oleh Mashoto dkk menyatakan bahwa kesenjangan sosial merupakan faktor penentu kesehatan masyarakat terutama dalam kesehatan gigi dan mulut dan beliau membuktikan bahwa semakin rendah standart penghasilan seseorang, jika di bandingkan dengan penelitian ini maka terjadi perbedaan pendapat karena pada penelitian ternyata hubungan antara penghasilan orang tua anak tidak signifikan.

Peningkatan frekuensi konsumsi makanan kariogenik menyebabkan keberadaan pH yang rendah di dalam mulut dipertahankan sehingga terjadi peningkatan demineralisasi dan penurunan remineralisasi. Faktor keturunan dan bawaan lahir Ibu, ayah, atau keluarga bisa menurunkan keadaan giginya kepada seorang anak.

The sampling technique used was random sampling and bivariate analysis using chi square test. Hal ini tidak sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Johansson dkk. Gigi mulai terbentuk saat seseorang masih didalam kandungan. B25,26,27,28perilaku higienis: This condition may well be linked to improper dietary habits, society behavior and children s frequent consumption of cariogenic foods that cause dental caries.

Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan univariat, bivariat, kemudian dilanjutkan dengan logistik regresi. Sebelum dilakukan wawancara dan pemeriksaan intraoral anak, orangtua siswa di jelaskan mengenai tujuan penelitian dan semua pemeriksaan yang akan dilakukan, setelah orangtua mengerti dan bersedia maka dilakukan penandatanganan informed consent.

The sample in this study sampling was taken completely by taking the entire population of school children who are in Madrasah Ibtidaiyah Mangunharjo Tembalang District South Semarang. Menurut A. Asdi Mahasatya: Gigi susu manusia akan lengkap berjumlah 20 buah saat berusia 24 bulan atau tiga tahun.

Kelompok 12 tahun ini merupakan indikator kritis, karena sebagian besar karies gigi menyerang pada usia tersebut. Kep, M. Berbeda dengan makanan lain, bila kita mengkonsumsi makanan asam seperti cuka, permen asam, jus asam dll sebaiknya jangan menyikat gigi terlebih dahulu karena gigi melunak saat kita mengkonsumsi makanan tersebut sehingga jika menggosok gigi, gigi akan lebih mudah terkikis.

Sekolah Dasar Negeri RP: Beberapa penyakit seperti cacar bisa melemahkan struktur kekuatan gigi. It called dental caries. Bagi institusi Adapun manfaat penelitian ini bagi institusi yakni sebagai literatur KTI terutama masalah hubungan konsumsi makanan kariogenik dengan kejadian karies gigi.

Angela A. Causes of dental caries is caused by a factor or interacting components that is a component of teeth and saliva salivacomponents of microorganisms in the mouth that can produce acid through fermentation and make dentalcaries.

The population in this study were 78 respondents and samples in this study 44 respondents. Hubungan gula dalam snack dengan karies lebih besar dari total diet karena snack lebih sering dimakan dalam frekuensi tinggi. Pada penelitian yang dilakukan di 3 TK ini, ditemukan anak-anak tersebut banyak mengkonsumsi minuman susu cair manis setiap waktu dengan frekuensi konsumsi yang salah sehingga mereka banyak mengalami terjadinya karies gigi.

Penelitian ini diperkuat dengan dengan penelitian yang dilakukan oleh Angela yang menyatakan bahwa faktor makanan yang dihubungkan dengan terjadinya karies salahsatunya adalah konsentrasi dan bentuk fisik cair, tepung, padat dari karbohidrat yang di konsumsi.

It is evident that there is a significant link between age, gender, ph plaque, food types, number of meals, meals time with caries. Sturdevant s Art and Science of Operative Dentistry.

Anak anak pada 3 TK tersebut ternyata sering mengkonsumsi makanan kariogenik terutama yang bersifat cair manis. Sedangkan menurut Soegeng Santosa dan Anne Lies Ranti mengungkapkan bahwa pola makan merupakan berbagai informasi yang memberi gambaran mengenai macam dan jumlah bahan makanan yang dimakan tiap hari oleh suatu orang dan merupakan ciri khas untuk suatu kelompok masyarakat tertentu.

Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pemberian kuesioner serta lembar observasi. Latar belakang Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan memberikan prioritas kepada upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dengan tidak mengabaikan upaya penyembuhan dan pemulihan kesehatan, termasuk pada anak usia sekolah dasar agar tercapai derajat kesehatan secara optimal Depkes RI, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara hubungan antara konsumsi jenis makanan dengan kejadian karies gigi pada anak di SDN Krandon Kudus.

ISSN ancientmarinerslooe.com: Vera Johan. Keywords: Diet and Dental caries in children Years Abstrak: Masalah kesehatan gigi dan mulut masih perlu diperhatikan,karena penyakit gigi dan mulut masih menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh masyarakat, salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat terutama pada anak-anak ialah karies gigi.

Tujuan Penelitian ini mengatahui ada Hubungan Pola Makan Dengan Karies Gigi Pada Anak. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan pola makan dan cara perawatan gigi dengan karies gigi pada anak usia sekolah di SD Binaan Puskesmas Simomulyo Surabaya.

Membuktikan adanya hubungan pola makan dengan terjadinya karies gigi pada anak usia sekolah dasar ( tahun) di SDN Sidorejo 1, kecamatan Kauman, Tulungagung.

a. Mengetahui angka kejadian karies gigi pada anak-anak di SDN Sidorejo 1, kecamatan Kauman, Tulungagung. karya tulis akhir hubungan antara pola makan dengan terjadinya karies gigi pada anak usia sekolah dasar ( tahun) di sekolah dasar negeri (sdn) sidorejo 1 kecamatan.

Hubungan karies gigi dengan masing-masing variabel Dari tabel 1 dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan memengaruhi berat ringannya karies, yaitu semakin tinggi tingkat pendidikan responden ada kecenderungan semakin sedikit yang memiliki karies di atas rerata (> 2) dan dari uji Chi-Square ada hubungan yang signifikan.

Hubungan Pola Kebiasaan Makan Dengan Terjadinya Karies Gigi Pada Anak

Tingkat sosial ekonomi dapat memengaruhi berat ringannya karies, Author: Harjanti Lesmana.

Hubungan pola diet dengan karies pada anak
Rated 0/5 based on 64 review